Blog Single

25 Apr

Room Division Manager – Hotel Job Description

Tugas Umum Room Division Manager

  1. Untuk meletakkan kembali Prosedur dan Sistem Dasar dalam operasi sehari-hari departemen Room Devision, pada departemen Front Office dan departemen Housekeeping, sesuai dengan standar hotel.
  2. Memastikan pengawasan sistem dasar dilaksanakan di departemen Room Devision sehingga berpengaruh pada penghasilan dan biaya.
  3. Untuk lebih menguatkan tim Room Devision baik di Front Office, di Housekeeping maupun di bagian Laundry.
  4. Untuk memastikan bahwa program pendukung dari jaringan PROPERTY bagi bagian Sales & Marketing dilaksanakan dengan tepat setiap harinya.
  5. Memaksimalkan produktifitas departemen Room Devision.
  6. Untuk memastikan sistem pengawasan Internal Control dilaksanakan dalam operasional sehari-hari.
  7. Untuk membangun kesan system pengontrolan yang kuat di departemen Room Devision pada hotel-hotel PROPERTY diterapkan dengan tepat.


Tanggung Jawab Utama Room Division Manager

  1. Memastikan operasional di Front Office, Housekeeping dan Laundry dapat berjalan dengan lancar dan baik dengan mamaksimalkan karyawan yang dimiliki oleh masing-masing bagian serta mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi syarat kepuasan tamu.
  2. Bekerja dengan semua aturan dan kebijakan hotel untuk menciptakan sikap profesionalisme sebagai seorang karyawan mewakili hotel kita.
  3. Memastikan bahwa masing-masing pimpinan departemen pada Room Devision bertanggung jawab atas pencapaian serta memiliki sasaran yang dapat diukur sesuai dengan rancangan bisnis dan pernyataan misi hotel.
  4. Memastikan bahwa setiap pimpinan departemen di Room Devision melakukan pengecekan semua bidang secara terus menerus dan proseduran standar dilaksanakan dengan baik dan benar sehingga dapat mencapai kebersihan dan perawatan yang baik.
  5. Memastikan bahwa setiap kepala departemen Room Devision memberikan perhatian pada kerusakan peralatan, perabot, fasilitas dan mesin ditindaklanjuti dengan cepat dan perbaikan dilakukan segera dan berkoordinasi dengan departemen tehnik sehingga tidak menghambat kegiatan operasional dan memastikan pelayanan hotel dan standar kualitas terpenuhi.
  6. Menyiapkan laporan bulanan mengevaluasi peningkatan standar, pencapaian, ketenagakerjaan dan biaya.
  7. Memastikan bahwa secara berkelanjutan, biaya departemen, guna memastikan pemakaian biaya disesuaikan dengan pencapaian selalu diawasi dan dianalisa.
  8. Mengawasi pengeluaran Housekeeping tanpa mengurangi kualitas atau pelayanan dengan cara memberitahukan kepada bawahan untuk perduli akan biaya yang dikeluarkan.
  9. Memastikan prosedur kebakaran, kesehatan dan keselamatan dilakukan.
  10. Memastikan bahwa prosedur yang ada dikantor dipergunakan dengan efisien dengan cara pengawasan yang mendalam dan pemeriksaan yang tetap, terutama kehilangan barang-barang milik perusahaan, absensi, dan inventaris.
  11. Memastikan bahwa tidak adanya pendapatan yang hilang disebebkan terjadinya perbedaan status dan kondisi kamar melalui pengawasan secara dekat dan cermat.

Tanggung Jawab antar Karyawan

  1. Memastikan bahwa karyawan memiliki kebanggaan bekerja sebagai bagian dari PROPERTY di hotel kita dan oleh karenanya menjaga kesan yang baik atas hotel baik di dalam maupun diluar lingkungan.
  2. Memastikan sistem penilaian perusahaan demi mengawasi penampilan dan perkembangan karyawan dengan cara memberikan arahan dan umpan balik kepada karyawan dalam mengikuti prosedur pelayanan.
  3. Memastikan bahwa karyawan mengetahui dan melaksanakan peraturan hotel serta mampu dan terlatih dalam prosedur-prosedur hotel sekaligus pada kondisi gawat darurat.
  4. Mengawasi bahwa karyawan dari masing masing departemen pada Room Devision memperoleh pelatihan yang cukup, baik dan benar sesuai dengan tugas dan pekerjaan masing-masing karyawan menurut tingkat keseriusan kebutuhan mereka dalam melaksanakan tugas di bagian masing-masing.
  5. Mengawasi bahwa karyawan mendapat penghargaan atas penampilan kerja terbaik dari karyawan demi memacu motivasi serta mengusahakan kemampuan mereka dalam mengambil keputusan spontan.
  6. Memacu dan mengembangkan kreatifitas perorangan dan kemampuan dari pimpinan masing-masing departemen melalui pertemuan regular dan konsultasi perorangan untuk memastikan terwujudnya keberhasilan.
  7. Memastikan melalui sistem perencanaan dan pengaturan yang efektif dan tidak berubah-ubah, produktivitas, efisiensi dan pelayanan dapat ditingkatkan untuk lebih memberi kepuasan tamu.
  8. Memastikan dengan menggunakan daftar pengawasan kualitas, pelatihan dan tindak lanjut akan informasi dari tamu, dan perhatian kepada hal-hal penting, sehingga kebutuhan dari tamu orang per orang dapat dipenuhi serta menghasilkan pelayanan yang sangat memuaskan.
  9. Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berinovasi melakukan pencarian yang terus-menerus demi memperoleh ide-ide dalam hal pengembangan produk kepada yang tamu inginkan.
  10. Mengajukan pengembangan di operasional dalam hal pelayanan, peningkatan pencapaian pemasukan, peningkatan kesejahteraan karyawan agar lebih baik dan peningkatan pencapaian kepuasan tamu.

Hubungan Room Division Manager

  1. Secara teratur bertemu tamu guna mengidentifikasikan keinginan dan kebutuhan tamu.
  2. Memastikan terjalinnya komunikasi yang baik dan sehat di dalam masing-masing departemen, antar departemen pada Room Devision dan departemen lainnya untuk pemenuhan kepentingan dan kepuasan tamu.
  3. Bereaksi dengan cepat dan positif terhadap keluhan-keluhan tamu tentang kekurangan pelayanan baik pada saat kedatangan, selama masa tinggal, ataupun saat keberangkatan, kekurangan sempurnaan kerja fasilitas yang ada, atau kekurangan tingkah laku dan sikap karyawan untuk membangun hubungan yang baik dengan tamu serta membangun imej hotel.
  4. Memberikan dukungan secara aktif kepada kegiatan-kegiatan hotel baik yang ditujukan bagi kegiatan tamu, kegiatan karyawan dan kegiatan pengelola yang bertujuan bagi peningkatan perhatian karyawan dalam memberi pelayanan kepada tamu.

Pengganti & Misi Sementara

  1. Menjalankan tugas dan fungsi dari Pimpinan yang bertugas.
  2. Dapat melaksanakan tugas lain jika dibutuhkan.
  3. Menangani tugas lain dan proyek seperti yang diperintahkan.
  4. Siap untuk melaksanakan tugas yang diberikan pada keadaan darurat seperti kebakaran, pemutusan arus listrik, dan ancaman bom

Related Posts

Leave A Comment